Saturday, July 5, 2014

Tips Vespa: Mengetahui Berapa Jarak Tempuh Saat RES Menyala


Tips Vespa: Berapa Jarak Tempuh Saat RES Menyala? - Ada 3 indikator sebagai penanda sisa  bahan bakar yang tersedia pada motor, yaitu jarum analog, pandom digital dan lampu RES. Diantara ketiga indikator tersebut,  semuanya menandakan sisa bahan bakar yang ada dalam tangki motor.

Dari ketiga indikator bahan bakar tersebut, yang paling mudah diamati adalah lampu RES. Indikator lampu RES biasanya berupa lampu berwarna oranye yang akan menyala pada saat bahan bakar hampir habis.

Vespa Primavera 150ie: Jarak Tempuh Km Saat Lampu RES Menyala

Saat ini sudah banyak motor yang menggunakan indikator Lampu RES. Indikator jenis tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan, karena pengguna motor tidak dapat mengetahui secara pasti berapa banyak sisa bahan bakar dan berapa jauh motor berjalan dengan sisa bahan bakar yang ada. Biasanya, indikator bahan bakar ditunjukkan dengan E atau lampu RES yang menyala. Indikator tersebut menandakan bahwa bahan bakar motor kurang dari 1 liter.

Kali ini kami akan menguji berapa jarak tempuh yang sebenarnya pada saat lampu RES menyala. Kami menggunakan Vespa Primavera 150ie 3V 2014 untuk melakukan ujicoba.

Konsumsi bahan bakar jarak berbanding jarak tempuh Vespa Primavera adalah 1:40 km. Vespa Primavera 2014 memiliki 2 indikator BBM, yaitu  lampu RES dan digital. Ketika tangki bahan bakar penuh, jumlah balok indikator menunjukkan strip 7. Sebaliknya, ketikan strip tersisa 2 balok, lampu indikator RES menyala secara otomatis.

Sebelum melakukan pengujian, Primavera 2014 direset tripmeternya agar posisi indikator menjadi NOL kembali. Selanjutnya dengan sisa bahan bakar pada tangki, kendaraan akan dibawa dengan kecepatan 50-60 km/jam terus-menerus tanpa henti, hingga akhirnya motor mogok karena kehabisan bensin.
Hasil pada tripmeter ternyata menunjukkan jarak tempuh 62 km, jarak yang cukup jauh. Kesimpulannya adalah, kapasitas bahan bakar yang tersisa ketika lampu RES menyala pada vespa adalah 1,5 liter.

Sekian informasi mengenai Tips Vespa: Berapa Jarak Tempuh Saat RES Menyala?. Semoga bermanfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment